Latest News

Fungsi dan cara kerja bagian PFC

Memahami power suply LCD - seri.2


Kenapa LCD layar besar membutuhkan sirkit PFC ?
 
  • Listrik PLN merupakan tegangan dan arus yang berbentuk “sinus”.
  • Jika beban yang dipasang bersifat resistif seperti misalnya lampu bohlam, setrika listrik, solder, magic jar – maka arus yang mengalir akan tetap berbentuk sinus mengikuti bentuk tegangan. Disini dikatakan tegangan & arus naik-turun bersamaan atau mempunyai phase yang sama dan distribusi arus listrik tidak mengalami masalah
  • Berbeda jika beban yang dipasang adalah sirkit penyearah dan elko filter seperti yang digunakan pada power suply tv CRT. Disini arus akan menyedot paling besar saat pengisian elko saja (Imains), sehingga arus dan tegangan tidak satu phase lagi. Hal ini akan menyebabkan semacam gangguan distribusi listrik - misalnya listrik yang tersedia bisa memberikan arus nominal 15A, tetapi dengan adanya pergeseran phase dan tegangan ini, maka akan menyebabkan hanya bisa memberikan misalnya 9A saja.
clip_image002

clip_image004
Tanpa PFC – beban menyedot arus cukup besar (garis merah)
clip_image006 Dengan PFC – beban menyedot arus lebh kecil
  • Sirkit PFC digunakan untuk memperbaiki gangguan distribusi listrik seperti dijelaskan diatas. Terutama jika power suply menggunakan daya lebih dari 75 watt.
  • Dengan PFC maka akan bisa lebih banyak beban terpasang
image
  • Sirkit PFC juga akan meringankan beban distribusi listrik PLN, diameter kabel distribusi bisa lebih kecil
clip_image010
  • Bagi produsen (pesawat LCD) – penggunaan PFC akan memberikan efisiensi penggunaan komponen sehingga menjadi lebih kecil dan ringkas.
clip_image012

Sumber:
marsonotv.blogspot.co.id

0 Response to "Fungsi dan cara kerja bagian PFC"